Tuesday, August 5, 2014

Masalah dalam Kehidupan

Dalam persahabatan kita pasti pernah memiliki permasalahan, ada permasalahan kecil dan  permasalahan yang besar. Tetapi, itu yang membuat kita lebih akrab dengan sahabat, karena dengan seperti itu kita bisa tau sifat asli sahabat kita, ada yang baik, egois, dll. Dan kita bisa mengajari dan di ajari oleh mereka tentang kelakuan yang baik.
Sahabat adalah seseorang yang mengerti dirimu, menghargai semua kekurangan dan kelebihanmu. Seorang sahabat adalah orang yang memehami perasaanmu, menyayangi dirimu dan  ada saat kamu membutuhkannya,  mencari sahabat tidak lah gampang. Jadi jangan sia-siakan sahabatmu di kala ia masih denganmu.
MASALAH DALAM PERSAHABATAN
Ada banyak masalah yang sering terjadi dalam sebuah persahabatan misal :
Masalah Kecil :
v  perbedaan pendapat,
v  kesalah pahaman
v  mau menang sendiri
v  bercanda yang berlebihan, dan masih banyak lagi.
Masalah Besar :
v  Mengadu domba antara sahabat dengan sahabat
v  berebutan pacar
v  atau mengambil barang orang lain atau tidak mau mengakui kesalahan 

a.     Perbedaan Pendapat
Saat bermusyawarah pasti banyak yang memiliki pendapat yang berbeda, dan dalam bermusyawarah kita tidak boleh egois dan mementingkan kepentingan sendiri, misal : temanmu memiliki pendapat yang jauh berbeda denganmu, tetapi kamu tidak mau menerima pendapat temanmu tadi, tetapi kamu hanya berpikiran bahwa pendapatmulah yang paling benar, dan hal seperti ini bisa membuat masalah dan permusuhan.
b.    Kesalah Pahaman
Kesalah pahaman yaitu sahabat yang satu dengan yang lain tidak saling mengerti. Misalnya:jika kamu mempunyai pacar, sahabatmu ingin mengembalikan barang milik pacarmu dan kamu melihat, tetapi kamu menganggap ada suatu hubungan antara mereka.
c.     Bercanda yang Berlebihan
Kita pasti sering sekali bercanda dengan sahabat atau teman kita, tetapi kita juga tidak boleh berlebihan atau menyangkut hal yang menyinggung perasaannya (teman/sahabat).
Misal : kamu sedang membicarakan tentang pekerjaan orang tua, dan orang yang kamu ajak bicara itu orang tuanya bekerja sebagai tukang becak, kemudian kamu bilang, tukang becak itu kotor, dan pekerjaannya menjijikan atau apalah, tetapi kamu tidak serius, atau bercanda, tetapi temanmu tadi menganggapnya serius dan akhirnya ia marah dan menjadi masalah yang  baru. 

SOLUSI – SOLUSI
a.     Kita harus menghargai pendapat   orang lain dengan lapang dada
b.    Kita harus percaya pada teman
c.      Kita harus berfikir terlebih dahulu sebelum  berkata
d.    Jangan suka bernegatif thinking terhadap sahabat/teman.DLL
 KOMUNIKASI REMAJA
Komunikasi berasal dari bahasa Latin, communicatio yang berarti hal memberitahukan, pemberitahuan, hal memberi bagian dalam, atau pertukaran. Komunikasi biasanya dimaksudkan untuk mempengaruhi perilaku seseorang, seperti untuk mengubah perilaku atau untuk meminta pendapat.
Dari penjelasan di atas komunikasi dapat diartikan sebagai proses pertukaran pesan yang dikirimkan seseorang kepada satu atau lebih penerima secara sadar dengan maksud untuk mempengaruhi tingkah laku si penerima. Pesan yang dikirimkan bisa dalam bentuk bahasa verbal atau kata-kata, dan dalam bentuk non verbal, seperti ekspresi wajah, gerakan tubuh, penggunaan jarak mendekat atau menjauh, sentuhan, pakaian, dan segala sesuatu yang dianggap memiliki makna. Komunikasi dengan menggunakan bahasa non verbal yang sesuai dapat menguatkan bahasa verbal. Misalnya, orang yang menjawab “iya” disertai anggukan kepala semakin menunjukkan rasa setujunya. 
PENTINGNYA BERKOMUNIKASI
Seberapa pentingnya komunikasi bagi kita ? Jonhson (dalam Supraktiknya) mengungkapkan beberapa peranan komunikasi bagi kita sekaligus menunjukkan betapa pentingnya komunikasi interpersonal, yaitu sebagi berikut :
1.    Komunikasi membantu perkembangan intelektual dan sosial
2.    Dengan komunikasi, kita dapat mengenal diri secara lebih mendalam sehingga membantu kita dalam bentuk identitas diri.
3.    Komunikasi memperbaiki pemahaman tentang suatu hal, linkungan, atau dunia di sekita kita.
Sebagian besar kesehatan mental kita ditentukan oleh kualitas komunikasi atau hubungan dengan orang lain.
KESALAHAN & HAMBATAN DALAM KOMUNIKASI
a.     Dari pihak pengirim pesan
1.    Bicara terlalu cepat. Ritme bicara yang terlalu cepat membuat orang sulit memahami.
2.    Dalam satu pesan terdapat banyak gagasan yang kadang-kadang tidak behubungan satu sama lain
3.    Pernyataan yang terlalu pendek sehingga sulit dipahami

b.    Dari pihak penerima pesan
1.    Tidak memperhatikan pesan yang disampaikan oleh pengirim pesan
2.    Sudah merumuskan jawaban sebelum mendengarkan semua pesan yang hendak disampaikan oleh pengirim pesan
3.    Bukan pendengar yang baik.
REMAJA  & ORANG DEWASA
Agar tidak terjadi benturan dengan orangtua tentu kita harus punya kiat-kiat khusus dalam berbicara kepad orangtua. Pamela Espeland membagi tips-tips tersebut agar kita dapat mencobanya, yaitu sebagai berikut :
a.     Pilihlah waktu secara bijaksana
b.    Bersikaplah menghormati
c.     Bicaralah secara terus terang dan ringkas
d.    Jagalah bahasa tubuhmu
e.     Tolong, jaga nada suaramu untuk tidak meninggi
f.       Hindari penggunaan kata kamu
g.     Harus mau berkompromi

No comments:

Post a Comment